Pantai Puru Kambera di Sumba Timur

Courtesy By : Andien Aisyah


Subscribe : https://www.youtube.com/channel/UCjqGbPHhc2mSSij0pNxZt_A
Puru Kambera, lebih dikenal oleh para pelancong sebagai suatu nama dari sebuah pantai yakni Pantai Puru Kambera di Sumba Timur. Terletak sekitar 24 km dari Kota Waingapu, terdapat sebuah padang savana dengan vegetasi khas Sumba lengkap dihiasi dengan sekumpulan kuda di alam liarnya.

Sebenarnya wisata utama di Puru Kambera adalah wisata pantainya yang cukup luas dengan hamparan pasir putihnya yang sangat halus. Jarak dari pantai ke padang savana Puru Kambera adalah sekitar 2-3 km. Namun tak hanya keindahan pantainya saja, padang savana yang berada di tengah perjalanan menuju lokasi pantai juga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif bagi kalian yang hendak mengeksplorasi keindahan alam Sumba Timur.

Savana Puru Kambera kerap dijadikan destinasi utama bagi para pengunjung yang ingin melihat tingkah laku kuda liar Sumba di alam bebas. Gerombolan kuda Sumba akan lebih sering terlihat di saat musim kemarau dibandingkan dengan musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan pada musim kemarau, padang savana di Puru Kambera menjadi sangat kering sehingga kuda-kuda liar akan lebih aktif merumput di luar hutan untuk mencari makan. Kuda liar ini sangatlah peka, jadi bagi yang ingin mendekati lebih dekat lagi gerombolan kuda ini haruslah ekstra pelan-pelan agar mereka tidak langsung bergerak menjauh. Siapkan segera kamera Anda untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Panorama alam berupa savana berwarna kuning keemasan dibalut dengan birunya langit menjadikan suasana di sekitar lokasi serasa berada di alam Afrika. Tak hanya itu saja, latar belakang hamparan biru laut dari kejauhan pun nampak kontras dengan warna kuning padang savana ketika musim kemarau dan hijau pada musim penghujan ini.

Akses Menuju Lokasi Wisata
Lokasinya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Waingapu dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan. Tidak ada angkutan umum yang menuju ke tempat ini. Bagi pengunjung di luar Waingapu, dapat menggunakan jasa ojek Sepanjang perjalanan, Anda akan menjumpai pemandangan berupa savana yang berwarna hijau ketika musim penghujan dan kuning ketika musim kemarau dilengkapi dengan gerombolan kuda liar yang sedang merumput.

Fasilitas
Tak terdapat fasilitas penunjang apapun di sekitar savana. Namun bagi pengunjung yang hendak mencari makan dan penginapan dapat menuju ke lokasi Pantai Puru Kambera. Di sana terdapat sebuah tempat penginapan sekaligus tempat makan bernama Pondok Wisata Pantai Cemara. Namun ada baiknya bagi pengunjung yang hendak mengeksplorasi keindahan savana Puru Kambera seharian, membawa bekal berupa makanan dan minuman kecil mengingat Sumba memiliki cuaca panas yang cukup ekstrim. Artikel By : [Anggey/IndonesiaKaya]